Puncak Dies Natalis


 

Puncak perayaan syukur dies natalis STPK St. Yohanes Rasul dilaksanakan pada tanggal 07 September 2017. Puncak perayaan syukur ini diawali dengan Misa syukur yang dipimpin oleh Uskup Keuskupan Jayapura, Mgr. Leo Laba Ladjar OFM dengan didampingi oleh dua imam selebran yakni P. Aloysius Rusmadji OFM dan P. Wilhelmus Sinawil Pr. Misa syukur ini dihadiri oleh sivitas akademik STPK St. Yohanes Rasul Jayapura dan tamu undangan.

Dalam homilinya, berdasarkan 1Kor. 12:12-31) tentang satu tubuh banyak anggota, bapak Uskup mengingatkan bahwa dalam kehidupan menggereja terdapat berbagai fungsi yang harus dilaksanakan secara terorganisir. Setiap umat beriman, khususnya sivitas akademika STPK, dipanggil untuk bekerja sama, saling menghormati dan menghargai setiap potensi maupun fungsi yang dimiliki oleh setiap pribadi. Dengan demikian tidak akan ada sikap saling mendahului maupun bersaing yang akan menghambat perkembangan hidup menggereja, dalam hal ini perkembangan STPK.

Lebih lanjut, berdasarkan Injil: Yohanes 15:1-8 tentang Yesus sebagai pokok anggur dan manusia sebagai ranting-Nya, Uskup menyampaikan bahwa umat Allah perlu mendekatkan diri bahkan menyatu dengan Yesus sebagai sumber kehidupan. Kita sebagai katekis atau petugas pastoral dituntut untuk senantiasa membangun relasi yang intim dengan Pribadi Yesus Kristus sebagai sumber kehidupan maupun pewartaan. Relasi inilah yang memberi kekuatan bagi kita dalam mewartakan karya keselamatan Allah hingga akhirnya menghasilkan buah.

Setelah perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan ramah tamah. Dalam ramah tamah disampaikan beberapa sambutan dari: 1) Ketua STPK St. Yohanes Rasul Jayapura, Pater Aloysius Rusmadji, OFM 2) Wali kota Jayapura yang diwakili oleh Asisten 1 Setda kota Jayapura, Drs. Hanok Wambukomu, MM, 3) Kepala Kanwil Kementrian Agama kota Jayapura yang diwakili oleh kepala bidang pendidikan agama Kristen, bapak Luksen Jems Mayor, S.Sos,  4) Ketua Yayasan Lumen Fidei Papua yang diwakili oleh sekretaris Yayasan Lumen Fidei Papua, bapak Dr. Frans Pekei dan, 5) Uskup Keuskupan Jayapura.

Asisten 1 Setda Kota  menyampaikan ucapan selamat atas sepuluh tahun berdirinya STPK sekaligus ucapan terima kasih atas kontribusi STPK (termasuk PGAK, IPI Malang Filial Jayapura) dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan iman, sebagaimana sesuai dengan visi dan misi kota Jayapura. Kabid PAK Kanwil Agama menyatakan dukungan, baik dari pihak Pemerintah maupun Gereja-gereja Kristen, bagi STPK dalam upaya membenah diri, merubah status dari Sekolah Tinggi Agama Katolik menjadi Sekolah Tinggi Katolik Negeri. Akhirnya Uskup mengungkapkan latar belakang serta dukungannya terhadap upaya penegerian ini, sambil mengajak semua pihak untuk bersama-sama bekerja untuk usaha ini.

Selanjutnya, diadakan acara pemotongan tumpeng dan penyerahan suvenir. Penyerahan suvernir yang pertama diberikan kepada para peserta dari berbagai perlombaan dan pertandingan yang telah dilakukan dalam rangka dies natalis ini. Penyerahan suvenir yang kedua diberikan kepada: Wali Kota Jayapura, Kepala Kanwil Kementrian Agama Kota Jayapura dan Uskup Keuskupan Jayapura sebagai tanda apresiasi dari STPK atas kontribusi yang diberikan bagi lembaga STPK ini.

Akhirnya, seluruh rangkaian perayaan dies natalis ini ditutup dengan makan siang. Setelah makan siang bersama diadakan rekreasi bersama bagi mahasiswa-mahasiswi hingga berakhir sekitar pukul 18.00 WIT.

Proficiat untuk seluruh civitas akademika STPK St. Yohanes Rasul Jayapura. Semoga melalui moment dies natalis yang ke-10 tahun ini, STPK semakin berdiri teguh di atas iman dan keanekaragaman budaya.

Seksi Publikasi dan Dokumentasi Dies Natalis STPK yang ke-10