Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa


 

WAENA-JAYAPURA, Selama dua hari (Sabtu-Minggu, 12-13 Oktober 2019) Senat Mahasiswa yang baru terpilih mendapat bekal sebagai calon pemimpin melalui kegiatan LDK. Para dosen STPK yang tergabung dalam panitia LDK yang dikoordinir oleh Wakil Ketua III Dra. Berlinda Renwarin, M.Th mendampingi para mahasiwa dalam kegiatan latihan dasar kepemimpinan. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah : “ Memimpin Diri Sendiri sebagai Kekuatan Memimpin Organisasi”. Sedangkan Subtemanya adalah: “Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan (Mat. 11:29)”.

Kegiatan LDK ini diadakan di  Komunitas SVD, Workwana-Keerom. Para peserta bersama para dosen berangkat dari STPK menuju Workwana Pk. 10.00 WIT. Sesampai di tempat tujuan rombongan santap siang bersama. Seusai santap bersama langsung mulai dengan acara pembukaan. Tema sessi pertama berkaitan dengan Kepemimpinan (Leadership). Tema ini diisi oleh RP. Marianus SVD. Sessi kedua dengan tema Management Organisasi diisi oleh Dra. Margaretha, MM. Akhir dari sessi ini para peserta santap malam bersama. Sessi ketiga dilanjutkan dengan tema Malam Keakraban (Makrab). Dalam sessi ini para peserta sebagai calon pemimpin diajak oleh panitia untuk memasang sejumlah lilin dengan sebatang Korek Api. Tujuannya adalah agar para peserta bersikap sabar dalam melakukan suatu kegiatan tertentu. Setelah permainan ini, para peserta diajak untuk saling membasuh kaki sebagaimana Yesus lakukan bagi para murid. Dalam hal ini pengurus inti secara bergilir membasuh kaki para anggotanya sebagai simbol pemimpin yang rendah hati seperti yang Tuhan Yesus teladankan kepada umatnya. Setelah saling membasuh kaki, RD. Kelly Sondegau menuntun para peserta untuk merefleksikan Kitab Suci mengenai Yesus membasuh kaki para murid. Sessi ini diakhiri dengan doa Completorium bersama dan istirahat malam.

Esoknya, Minggu 13 Oktober 2019 para peserta mengadakan olahraga bersama di pagi yang indah. Setelah itu  MCK dan sarapan pagi bersama. Sebelum mengikuti Perayaan Ekaristi, ada lagi sessi keempat di pagi ini dengan tema Seni Berbicara (Retorika). Tema ini diisi oleh RP. Marianus SVD. Sekitar Pk. 08.30 WIT para peserta pun partisipasi dalam Perayaan Ekaristi bersama umat Stasi Workwana. Misa dipimpin RD. Kelly Sondegau didampingi RP. Marianus SVD. Seusai perayaan Ekaristi di Gereja Stasi, para peserta menerima materi dari Dra. Margaretha, MM dengan tema Problem Solving. Seusai tema ini kegiatan dilanjutkan dengan Dinamika Kelompok yang dikoordinir oleh Ibu Yosephina Tiert, S.Pd. Dengan sessi Dinamika Kelompok ini maka berakhirlah seluruh kegaiatan yang berkaitan dengan LDK. Setelah santap siang bersama para peserta kembali ke STPK dengan aman da selamat. SAYONARA. WA WA WA (RD. Kelly Sondegau)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − eleven =