Merawat Bumi Rumah Kita Bersama: Kuliah Umum


Waena, Sabtu, 14 September 2019 diadakan kuliah umum bagi para mahasiswa/i STPK yang juga dihadiri oleh peserta dari sejumlah kampus dan sekolah tingkat SMA. Tema yang diusung dalam moment kuliah umum ini adalah “Rawatlah Bumi, Rumah Kita Bersama”. Sedangkan Subtemanya, “Melalui Perang Melawan Sampah Plastik, Generasi Muda Dipanggil untuk Menciptakan Kota Jayapura yang Beriman sebagai Rumah Kita Bersama”. Mengacu pada tema umum dan subtema ini, pihak kampus mendatangkan para pemateri dari berbagai pihak, yakni:

Materi Pertama dibawakan oleh yayasan WWF (World Wildlife Fund for Nature) Provinsi Papua dengan tema: “Dampak Penggunaan Sampah Plastik bagi Kelestarian Alam Ciptaan”. Para pengurus dan pegiat ramah lingkungan ini memaparkan bahaya sampah plastik bagi kehidupan manusia di seluruh dunia umumnya dan bagi masyarakat Papua khususnya.

Materi kedua diisi oleh Walikota Jayapura yang diwakili Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup dengan tema: “Kebijakan Pemerintah Kota Jayapura dalam Menjaga Kota Jayapura Bebas dari Sampah Plastik”. Dalam kesempatan ini, Ibu Ketty Kailola, M.si selaku Kadis Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Jayapura memaparkan upaya-upaya yang telah dilakukannya dalam rangka menjaga Kota Jayapura bebas dari berbagai macam sampah. Ibu Kadis senang sekali karena ternyata masih ada generasi muda yang peduli terhadap sampah di lingkungan sekitar kita sebagaimana tampak dari para peserta yang hadir untuk mengikuti kuliah umum ini, bebernya. Untuk menjaga Kota Jayapura bebas dari sampah, ibu Kadis juga memberikan nomor Handphone kepada para peserta agar dapat berkomunikasi dengan beliau bila menemukan tumpukan sampah di sekitar Kota Jayapura ini (No HP Kadis Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Jayapura: 081344617435/085197327333).

Materi ketiga disampaikan oleh P. Kons Bahang OFM dengan tema: “Konsep Kristiani tentang Menjaga Alam Ciptaan”. Berkaitan dengan tema ini, Pater Kons mengutip dari ensiklik Paus Fransiskus: “LAUDATO SI” tentang “Perawatan Rumah Kita Bersama”. Berpedoman pada ensiklik ini, Pater Kons menjelaskan beberapa pokok yang berkaitan dengan ekologi integral dan dasar-dasar Kitab Suci yang menjadi rujukan dalam upaya merawat bumi beserta seluruh isinya.

Seusai pemaparan setiap materi, para peserta diberi kesempatan bertanya lebih lanjut untuk semakin memperdalam materi yang disajikan oleh para pemateri. Sessi tanyajawab pun dapat dilakukan dengan baik dan lancar hingga sampai pada jam santap siang bersama. Pater Sondegau diminta untuk memimpin doa makan dan kemudian sayonaraaa. Wa wa wa………. (P. Kelly Sondegau, Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − seven =